Kilas Balek FKTO dan TioCyberVillage (Jas Merah)

>> 23.11.09

Menjelang akhir tahun 2009 ini saya kira title di atas cocok untuk merenungi perjalanan FKTO dari tahun 2007 hingga saat ini sampai terbangun jaringan TioCyberVillage.

Sekedar mengenang masa lalu, semua yang terlibat dalam FKTO (Forum Komunitas Tirtomoyo Online) kebanyakan belum saling mengenal satu sama lain, teknologilah yang menjembatani kita saling bertemu. Berawal dari aktifnya Sdr. Tri Kuncoro yang senantiasa mengisi public comment dalam berbagai situs, termasuk www.wonogiri.org, www.sman1wng.sch.id akhirnya menemukan saudara-saudara, sahabat-sahabat dan handai taulan yang berdarah TIRTOMOYO.

Fakta tak terbantahkan, bertolak dari kejadian inilah akhirnya Sdr. Tri Kuncoro membangun Blog yang diberi domain http://tirtomoyo.blogspot.com. Meskipun sekedar Blog, tapi secara function memberikan kontribusi yang sangat besar dan berhasil membentuk organisasi yang namanya FKTO. Dengan media ini juga Gathering I FKTO diadakan pada bulan Oktober 2008.

Dari kegiatan Gathering I inilah dirumuskan visi FKTO untuk membantu masyarakat pendidikan di Tirtomoyo untuk memajukan the next generation. Salah satu model yang dipilih untuk menjembatai gap dengan pendidikan di kota adalah dengan teknologi informasi.

Beberapa kendala yang di hadapi untuk development tersebut adalah :

  1. Teknologi
  2. SDM
  3. Biaya
Untuk mengetahui secara empiris permasalahan yang ada akhirnya 2 bulan setelah gathering dilakukan survey lokasi yang dibantu rekan-rekan dari Jakarta atas bantuan Om Sulihno. Dari survey itu diketahui kendala-kendala yang dihadapi untuk membangun teknologi informasi. Letak geografis dan SDM merupakan kendala yang menjadi tantangan untuk membangun infrastruktur informasi. Sedangkan untuk teknologi sudah banyak tersedia di pasar, biaya disepakati untuk ringan sama dijinjing berat sama dipikul.

Perlu diketahui para simpatisan FKTO, bahwa dari gathering I ada beberapa personal yang mengeluarkan dana untuk nyengkuyung pembangunan infrastruktur ini (mohon maaf nama tidak kami sebut, data ada di bendahara komplet). Dana tersebut akhirnya terwujud infrastruktur teknologi informasi seperti yang bisa dinikmati oleh 7 sekolah di Tirtomoyo, kami sadar apa yang sudah dibangun masih ada kekurangan, tapi membangun sebuah sistem pasti juga mengalami change over, dan ini musti wajib dijadikan proses pembelajaran bagi semua.

Visi FKTO adalah menkoneksikan semua sekolah SLTP dan SLTA di seluruh Tirtomoyo, saat ini baru 7 sekolah yang terkoneksi, dan itu letaknya yang ada di dalam kota Tirtomoyo, oleh teman-teman developer disebut Inner Ring Area. Masih banyak PR yang musthi diselesaikan akar visi FKTO terealisasi. Realisasi Inner Ring Area memerlukan waktu 1 tahun untuk implementasi, Outer Ring Area (SMP PGRI 16, SMP Negeri 3, SMP Pancasila, SMK MultiMedia Sidorejo, MTs Sidorejo, MTs dan MA Cangkring serta MTs Hargantoro) memiliki kontur dan letak geografis yang lebih sulit dibandingkan Inner Ring Area, karena harus membuat relay yang tentunya memerlukan biaya lebih banyak.

Oleh karena itu, di BLOG FKTO memang tersedia PUBLIC COMMENT, harapan kami semua personal yang mengisi content di PUBLIC COMMENT ini menjadi member FKTO, jadi juga "Rumongso Melu Handarbeni, Rumongso Melu Hangrungkepi, Murat Sariro Hangroso Wani". Harapan kami bukan sekedar memberikan KOMENTAR tetapi juga memberikan SOLUSI dan KONTRIBUSI dalam bentuk apapun demi terwujudnya visi dan misi FKTO.

Perlu diketahui oleh semua simpatisan blog ini bahwa untuk persiapan SDM juga sudah dilakukan seminar, workshop dan trainnig. Jika dirasa SDM yang ada belum mumpuni untuk me maintenance infrastruktur yang ada itu adalah PROSES. Yang jelas pelatihan SDM terutama guru-guru sebagai Public Speaking sudah dilakukan, sementara untuk maintenance sebagai admin dimulai dengan transfer ilmu dari rekan-rekan Indomaya ke beberapa person di Tirtomoyo. Kami sadar hasilnya belum yang seperti diharapkan, perlu diingat bahwa PEMBELAJARAN adalah PROSES, ada TAHAPAN .... BUKAN SEKEDAR membalik TELAPAK TANGAN.

Ohh ... ya perlu diketahui juga, ada beberapa orang yang call saya. Menanyakan tentang kemungkinan dibuatnya Warnet di Tirtomoyo setelah jaringan ini terbentuk. Saya jawab "Mohon Maaf, ... jaringan ini datang ke Tirtomoyo dibangun oleh beberapa Stake Holder, visinya jelas untuk memajukan Pendidikan bukan Komersial, jadi mohon maaf sementara ini belum bisa mendirikan Warnet lewat TioCyberVillage". Visi utama saja belum terpenuhi mustinya untuk hal-hal yang sifatnya komersial musti kita kesampingkan terlebih dahulu.

Semoga awal 2010 menjadi MOMENTUM agar perkembangan FKTO lebih menggembirakan dan semakin memberikan KONTRIBUSI yang lebih nyata bagi Seluruh Lapisan Masyarakan Tirtomoyo ... !!!!

0 komentar:

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP