MEMAHAMI ARTI SEBUAH KESALAHAN

>> 18.1.11

Gambar dan simulasi hitungan ini saya dapat dari salah seorang anggota FKTO,dari sini saya mencoba “ Memahami Arti Sebuah Kesalahan “.Sembelum saya mencoba menterjemahkan gambar dan itungan ini mari sama-sama dilihat dan direnungkan terlebih dahulu.



Jujur saya sebagai pribadi yang telah bergelut di industri internet hampir separo karir saya didunia professional ( kerja ) selama 10 tahun,kata pertama yang pas bagi gagasan ini adalah “FANTASTIS” itu satu kata yang pas dari saya.

Karena dengan latar belakang dari sebuah kekompakan dan tujuan positif dari sekelompok orang bisa mewujudkan sebuah jaringan terpadu antar sekolah. Yang membuat ini benar-benar FANTASTIS bukan teknologi atau hasil akhir yang dicapai tapi gagasan awal untuk membangun sebuah komunitas pendidikan yang berbasis online secara mandiri tanpa melibatkan pemerintah ( Diknas ) setempat,ternyata tidak hanya sebuah gagasan disaat saya pulang ternyata ini satu kenyataan yang saya dapati di daerah saya Tirtomoyo tercinta dan itu benar adanya.

Akan tetapi melihat kenyataan di forum blog Tirtomoyo.blogspot.com dimana saya hampir setiap hari melihat dimanapun saya sedang tugas,hanya kata-kata miring yang belakangan ini mengisi forum korespondensi. Dimanakah kesalahan itu mulai muncul ? Sebaiknya bukan salah benar yang kita bahas akan tetapi menumbuhkan cara berfikir yang dewasa dan matang yang perlu dibangun.

Kalau dilihat dari formatur kepengurusan FKTO yang mana para tenaga pendidik baik dari tingkat SMP,SMA bahkan Perguruan Tinggi seharusnya friksi-friksi miring itu tidak tercipta, seharusnya sebaliknya. Kenapa demikian maaf jika ada yang kurang pas dalam tulisan saya ini “ berapa banyak program diknas “ yang berurusan dengan dunia IT khususnya internet yang hanya jadi onggokan sampah berbiaya mahal dan hampir 70% atau mungkin lebih tidak berjalan dengan baik. Kenapa itu bisa terjadi jawabpan dari teka-teki ini cukup simple yaitu kurang siapnya SDM pelaku dalam menyambut,menerima,menerapkan dan memaintenance bangunan IT itu secara berkesinambungan.

Tidak beda jauh seperti yang terjadi di Tirtomoyo ini selain belum siap dan uforia yang begitu besar akan kehadiran FKTO yang dianggap sebagai pembawa obat mujarap untuk penyembuh segala penyakit kegagapan teknologi IT. Kalau kita semua mampu membaca dan merenungkan gambar dan hitungan diatas FKTO itu hanya pembuka jalan,bukan implementator dan penyembuh segala penyakit itu. Sangat sayang jika gagasan dan dana yang sudah keluar serta pilot project sederhana ini nasibnya sama seperti program pemerintah yaitu jadi sampah teknologi.

Sampah ini sudah mulai tercium aromanya yaitu nada miring,ketidak kompakan dari sekolah-sekolah yang ada di Tirtomoyo,yang lebih mengedepankan ego golongan yang diatas namakan kepentingan sekolah. Dan itu berakibat sangat terasa bagi kelangsungan gagasan mulia dari semua lapisan masyarakat yang awal-awal terlibat dengan program FKTO ini. Mengapa itu terjadi seperti judul diatas karena kurangnya “ Memahami Sebuah Arti “ akhirnya yang muncul hanya kesalahan dan kesalahan.

Seharusnya pemerintah daerah khususnya sukudinas pendidikan Tirtomoyo mampu dan bisa menjadi pemersatu untuk pengembangan teknologi informasi dilingkup sekolah yang dibinanya, bukan jadi penonton yang bermental pejabat.Sudah disumbang malah penyumbang yang diminta memohon-mohon, inilah kebodohan kolektif tentang susahnya “ Memahami Arti Sebuah Kesalahan “. Sesuatu yang baru itu tidak akan pernah lepas dari kekurangan dan kesalahan, seharusnya bukan kesalahan dan kekurangan yang diangkat dan jadi isu terus menerus, seharusnya menjadi bahan pembelajaran bagi semua kalau ingin jadi masyarakat yang cerdas, dewasa dalam berfikir dan bertindak.

Bagi pelaku dimasing-masing sekolah buang jauh-jauh pemikiran sempit yang terkotak-kotak yang mengatas namakan kepentingan sekolah. Coba pahami arti efisiensi,ingat internet itu tidak hanya YAHOO,GOOGLE dan link-link Internasional. Seharusnya dengan adanya jaringan antar sekolah konten local bisa tumbuh,server jardiknas sudah terinstall kalau tidak salah,bisa diisi dengan konten-konten local lain seperti membangungan jaringan Voip antar sekolah,membuat perpustakaan online bersama ini jauh lebih produktif. Jadi kalau internet itu hanya link internasional yang dipahami,kembali lagi kita hanya akan jadi pengumpul konten dan sampah dari luar negeri. Bukan itu tidak penting akan tetapi kita akan selalu jadi bangsa terjajah disetiap lini kehidupan industri informasi modern.

Seharusnya semua bisa belajar Blackberry yang mana server RIM ada di Canada tapi pengguna salah satu terbesar di Asia adalah Indonesia, apa yang terjadi duit kita yang dikeruk setiap bulan dibawa ke Negara asal teknologi tersebut. Kenapa bisa terjadi ya karena kita ini hanya pengumpul teknologi. Tujuan dasar FKTO adalah membangkitan generasi muda kreatif,bukan generasi muda yang selalu didoktrin dengan perbedaan-perbedaan yang konyol seperti ulasan-ulasan yang ada di forum blog tercinta ini.

Sekali lagi biaya,tenaga,pikiran dan pengorbanan sudah terjadi jangan jadikan semua yang sudah terpasang ini jadi SAMPAH TEKNOLOGI, belajarlah “ Memahami Arti Sebuah Kesalahan” niscaya akan jadi manusia yang obyektif dan dewasa. Jangan hanya kebenaran yang dipahami,karena kalau kebenaran itu tinggal dijalankan,kalau kesalahan itu sarana untuk belajar supaya kedepan kita tidak jadi manusia yang lebih baik.

Pilihannya akan jadi sampahkah apa yang sudah dilakukan FKTO atau sama-sama belajar dari sebuah kesalahan.Semua tergantung pelaku yaitu masyarakat pendidikan di Tirttomoyo sendiri bukan tergantung FKTO.Kalau mau maju ya berfikirlah yang maju bukan hanya memikirkan kelompok dan ego.

Wasalam
Wargo Juga

4 komentar:

taufik maskuri 20:35  

bos....saya orang tirtomoyo...
saya berminat memasang internet dirumah..
bisakah saya dibantu,agar dirumah saya bisa memasang internet..

Anonim 01:54  

howdy www.tirtomoyo.blogspot.com blogger found your blog via search engine but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered website which offer to dramatically increase traffic to your website http://xrumer-service.com they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer best services to increase website traffic Take care. Jeremy

Ardhyan Irama-5758 11:56  

sudah biasa selaku penggagas it dan orang yang paham it berdampingan dengan sdm yang kurang mau belajar dan susah di aajak maju....bukan masa depan yang bagus yang kita dapati, tapi malah statetment miring dan citra yang buruk yang kita dapati....sudah 10 lokasi saya alami seperti yg anda alami, kebetulan saya pengembang di yogyakarta yang merintis di daerah pinggiran yogya dan di daerah pegunungan2..tapi sayang sekarang tower2 hanya saya manfaatkan menjadi dvb transmiter saja...internet yang dulunya maju jaya lancar sentosa, luntur karena adanya 1 - 2 orang yang membuat statement tidak enank di dengar...dan itu terjadi di 10 tempat yang saya ajak maju...tapi jangan patah semngat, kita deketi dengan persuasif dan agak sedikit lepas modal...karena ciri OIitu maunya GRATIS,,,,...thanks, n BEST REGARDS FROM JOGJA....Team>>iramaNetWork aka irama.5758

musT Gotrie 18:26  

tiap org skr pegang HP. manfaatkan HP untuk akses internet.....! terutama untuk program pendidikan.

@tiang pertinggen

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP