>> 3.1.08

Gunakan mozilla firefox browser untuk kenyamanan anda Get Firefox

Selamat datang di Tirtomoyo online...... ke halaman depan
Kecamatan tirtomoyo merupakan salah satu kecamatan di kabupaten wonogiri provinsi jawa tengah
indonesia dengan keunikan kondisi geografis pegunungan pada koordinat 7° 57' 0" lintang selatan, 111° 3' 0" bujur timur membentang deretan pegunungan dari barat hingga timur dan melingkar ke selatan hingga ke barat pada wilayah kecamatan tirtomoyo. Seolah bak naga melingkar dan menikmati sejuknya air sungai wiroko (hulu sungai bengawan solo yang mempunyai kontribusi suplai air terbesar untuk bendungan gajah mungkur di kabupaten wonogiri jawa tengah) untuk menghempaskan dahaganya.
Kecamatan tirtomoyo berbatasan langsung dengan :
  • kabupaten pacitan provinsi jawa timur (tepatnya dengan kecamatan nawangan) pada batas tenggara,
  • batas selatan berdampingan dengan kecamatan karangtengah
  • batas barat daya berdampingan dengan kec. batuwarno
  • batas barat dan barat daya berdampingan dengan kec. nguntoronadi
  • batas utara berdampingan dengan kec. sidoharjo
  • batas timur laut berdampingan dengan kec. jatiroto

klik di sini untuk view detail peta kec. tirtomoyo atau anda ingin melihat dengan menjelajahi wilayah kecamatan tirtomoyo secara menyeluruh dari dusun hingga kota-kota lainnya di seluruh dunia dengan menggunakan mouse anda.

Kecamatan tirtomoyo mempunyai 12 desa dan 2 kelurahan administratif, di mana setiap desa / kelurahan mempunyai kekhasan masing-masing. Berikut urutan desa dan kelurahan yang berada di wilayah kec. tirtomoyo dari letak paling barat hingga paling timur :
  1. Desa Tanjungsari
  2. Desa Sendangmulyo
  3. Kelurahan Arjosari
  4. Kelurahan Tirtomoyo
  5. Desa Banyakprodo
  6. Desa Hargantoro
  7. Desa Wiroko
  8. Desa Dlepih
  9. Desa Sukoharjo klik di sini untuk view detail desa sukoharjo (dusun blaraksari, sukoharjo, tulakan.)
  10. Desa Girirejo
  11. Desa Hargorejo
  12. Desa Genengharjo
  13. Desa Hargosari
  14. Desa Sidorejo
Pariwisata
Potensi wisata yang ada di kecamatan tirtomoyo dan memungkinkan untuk dikelola dan dikembangkan oleh pihak pemerintah daerah kabupaten wonogiri maupun pihak swasta (investor) adalah sebagai berikut :
  • kahyangan - wisata spiritual / wisata alam anda klik di sini
  • gunung tunggangan - wisata alam/hutan
  • monumen trawas - wisata alam/wisata sejarah
  • grojogan manggal - wisata alam
Dari keempat tempat wisata tersebut di atas sampai saat ini masih kurang publikasi dan yang sangat memprihatinkan adalah tidak adanya perhatian pemerintah daerah kabupaten maupun kepedulian warga sekitar tentang bagaimana memanfaatkan potensi tersebut menjadi peluang yang sangat berarti untuk meningkatkan kehidupan yang lebih layak bagi warga tirtomoyo. Hal ini terbukti dengan penggundulan hutan di area sekitar wisata kahyangan oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab, entah itu warga sekitar maupun oknum dari perhutani bahkan oknum pemerintah daerah yang merasa dirinya berhak. Lalu siapakah yang peduli akan penting pariwisata di tirtomoyo ? Siapa lagi kalau bukan orang tirtomoyo sendiri.

Akan tetapi seiring terpuruknya kondisi riil wisata kahyangan ada sedikit angin segar dari bapak camat seperti di kutip pada http://wonogiri.go.id bahwa kesungguhan pemerintah kecamatan tirtomoyo - khususnya pak Camat menegaskan :

...............................Bahkan, menurut kepercayaan masyarakat, air di lokasi tersebut membawa berkah dan menjadi sumber kecantikan atau awet muda saat dibasuhkan ke muka. Lokasi wisata tersebut, boleh dibilang belum optimal difungsikan. Belum banyak wisatawan yang mampir ke lokasi tersebut. Bagi masyarakat sekitar Surakarta, Kahyangan sudah sangat terkenal.
Untuk mendukung promosi, pihak Dinas Perhubungan, Pariwisata, Seni dan Budaya (DPPSB) setempat telah membuat papan penunjuk lokasi tersebut. Selain itu, leaflet yang dicetak oleh DPPSB, lokasi wisata Kahyangan juga termasuk salah satu obyek wisata andalan Wonogiri.
Camat Tirtomoyo, Tarjo Harsono, mengatakan potensi itu akan dioptimalkan sehingga mampu mengembangkan daerah Tirtomoyo........ baca selengkapnya.

Pendidikan
Dunia pendidikan adalah bidang terpenting yang harus diperhatikan perkembangannya karena bidang ini merupakan bentuk investasi berkelanjutan yang akan menjadi parameter kemajuan suatu daerah. Efek dari kemajuan pendidikan tersebut mungkin tidak akan dirasakan secara langsung tapi bentuk kepedulian output pendidikan yang maju ini yang diharapkan bagi kemajuan di bidang lainya.

Tidak hanya sekedar omong kosong yang terus kita dengar dari aparatur pemerintahan tetapi bentuk nyata dalam tindakan semisal pemerintah kecamatan tirtomoyo atau pemerintah kabupaten wonogiri memberikan sumbangsih beasiswa bagi siswa berprestasi, membangun sarana & prasarana (kos-kosan gratis) bagi siswa atau mahasiswa yang menimba ilmu di luar kota, Dinas Pendidikan kecamatan atau kabupaten mampu merekrut calon guru yang berkualitas (mungkinkah ini terwujud?), karena input guru di daerah kabupaten wonogiri sebagian besar karena pertimbangan loyalitas calon guru - terutama guru yang magang di SDN (itupun perlu dipertanyakan apakah benar loyal ataukah loyal secara administratif dan tidak pernah ada di sekolah untuk mengajar). Paling tidak itu semua sebagian kecil contoh bentuk nyata kepedulian pemerintahan kecamatan tirtomoyo/pemda wonogiri yang diharapkan. Bagaimana pendapat Pak Camat " pak tarjo " ataupun Pak Bupati " pak begug " ataupun Ka. Diknas wonogiri ataupun BKD wonogiri tentang pernyataan di atas?

Pertambangan
Potensi pertambangan yang terkandung di wilayah kecamatan tirtomoyo, kabupaten wonogiri, jawa tengah antara lain....... baca selengkapnya

Perekonomian
Dengan keterbatasan akses informasi serta sarana dan prasarana infrastruktur perekonomian kecamatan tirtomoyo, kondisi sekarang tergolong "cukup maju". Hal tersebut terlihat dari bentuk bangunan fisik yang riil bisa terlihat sekarang sebagai salah satu parameter perekonomian makro tergolong "cukup maju". Kemajuan ekonomi yang tercipta sekarang berkat perantau sebagai kontributor terbesar mengalirnya dana ke pelosok wilayah tirtomoyo selain potensi SDM dan alam setempat.

Posted by Picasa

0 komentar:

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP